APARATUR SIPIL NEGARA
1. Berorientasi Pelayanan
Kami berkomitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat.
Panduan Perilaku
- Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat.
- Ramah, cekatan, solutif dan dapat diandalkan.
- Melakukan perbaikan tiada henti.
Perwujudan Perilaku:
- Mengidentifikasi kebutuhan masyarakat dengan proaktif.
- Memenuhi kebutuhan masyarakat dengan responsif.
- Melayani masyarakat sesuai tupoksi.
- Menyelesaikan keluhan masyarakat dengan pendekatan.
- Komunikasi yang persuasif.
- Menuntaskan semua pekerjaan.
- Mengucapkan salam dan sapa saat melayani.
- Menyediakan informasi yang aktual dan akurat.
- Melayani dengan standar yang sama kepada semua pihak, tanpa memandang kedudukan, jabatan, suku, agama, ras dan jenis kelamin.
- Memperbaiki tata kelola layanan manajemen ASN dengan inovatif.
- Menindaklanjuti setiap kritik dan saran.
- Melakukan benchmarking untuk mendapatkan wawasan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan.
2. Akuntabel
Kami mampu mengemban amanat dan kepercayaan yang diberikan dengan penuh tanggung jawab.
Panduan Perilaku:
- Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin dan berintegritas tinggi.
- Menggunakan kekayaan dan Barang Milik Negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien.
- Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.
Perwujudan Perilaku:
- Memenuhi janji dan komitmen.
- Melaksanakan pekerjaan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.
- Bertanggung jawab atas hasil kerja dan bersedia dievaluasi.
- Menolak segala bentuk gratifikasi, korupsi, kolusi, dan nepotisme.
- Memanfaatkan fasilitas BMN sesuai dengan peruntukannya.
- Mencari alternatif cara penggunaan sarana prasarana, bahan, dan alat kerja yang lebih hemat.
- Mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi atau golongan.
- Mengambil keputusan dengan objektif saat terjadi konflik kepentingan.
3. Kompeten
Kami meningkatkan kompetensi diri dengan terus belajar.
Panduan Perilaku:
- Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah.
- Membantu orang lain belajar.
- Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.
Perwujudan Perilaku:
- Meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri secara terus-menerus.
- Bertukar pikiran dan berdiskusi dengan rekan kerja, bawahan dan atasan.
- Belajar secara mandiri maupun kolaboratif dengan antusias.
- Memberikan kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapat.
- Membagikan pengetahuan dan pengalaman melalui diskusi, dialog dengan rekan kerja, bawahan dan atasan.
- Menyusun rencana kerja/anggaran dengan spesifik.
- Melaksanakan rencana kerja/anggaran sesuai target yang ditetapkan.
- Menjalankan seluruh peraturan manajemen ASN yang berlaku.
- Mengevaluasi peningkatan kinerja diri.
- Menyelesaikan masalah secara komprehensif dan tuntas.
4. Harmonis
Kami saling peduli, menghargai dan bertoleransi dengan perbedaan.
Panduan Perilaku:
- Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya.
- Suka menolong orang lain.
- Membangun lingkungan kerja yang kondusif.
Perwujudan Perilaku:
- Berlaku adil kepada setiap orang tanpa memandang kedudukan, jabatan, latar belakang, suku, agama, ras dan jenis kelamin.
- Menjaga hubungan yang baik dengan rekan kerja, atasan, bawahan dan stakeholder.
- Menghormati gagasan yang disampaikan orang lain.
- Membantu orang lain dengan responsif.
- Memberikan solusi dan/atau informasi sesuai kewenangan.
- Menyelesaikan konflik di antara rekan kerja, atasan dan bawahan dengan netral.
- Berinteraksi dengan rekan kerja, atasan dan bawahan dengan sopan dan menjunjung tinggi etika.
- Menghindari diskusi yang fokus pada perbedaan SARA.
5. Loyal
Kami berdedikasi tinggi terhadap kepentingan bangsa dan negara.
Panduan Perilaku:
- Memegang teguh ideologi Pancasila, UUD 1945, setia kepada NKRI, serta pemerintahan yang sah.
- Menjaga nama baik sesama ASN, Pemimpin, Instansi dan Negara.
- Menjaga rahasia jabatan dan negara.
Perwujudan Perilaku:
- Menghindari tindakan, ucapan, perbuatan yang menjurus pada radikalisme yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.
- Menyebarkan informasi yang mendukung keutuhan NKRI.
- Mencegah situasi yang mengancam keutuhan NKRI.
- Bersikap dan berperilaku yang melindungi nama baik serta citra instansi.
- Melaksanakan keputusan pimpinan yang sesuai dengan norma dan ketentuan yang berlaku.
- Menyebarkan informasi positif tentang ASN, Pemimpin Instansi dan Negara.
- Menyimpan informasi rahasia dengan cara dan pada tempat yang aman.
- Membagikan informasi rahasia hanya kepada pihak yang berwenang.
- Mencegah situasi yang mengancam rahasia jabatan dan negara.
6. Adaptif
Kami siap menghadapi ataupun menjadi motor perubahan dengan terus mengasah kreativitas dan berinovasi.
Panduan Perilaku:
- Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan.
- Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas.
- Bertindak proaktif.
Perwujudan Perilaku:
- Menyesuaikan diri di berbagai lingkungan kerja.
- Beradaptasi dengan dinamika perubahan lingkungan.
- Menguasai dinamika perkembangan teknologi.
- Menyampaikan ide dan gagasan untuk kemajuan instansi dengan berani.
- Membuat inovasi yang mendukung tujuan instansi secara konsisten.
- Mengantisipasi permasalahan yang terjadi di masa mendatang dengan kritis.
- Menjalankan sistem kerja yang berbasis teknologi informasi.
- Mengidentifikasi potensi masalah dan solusinya.
- Menunjukkan keingintahuan yang tinggi terhadap hal baru.
- Memanfaatkan peluang untuk menghasilkan hal yang lebih baik.
7. Kolaboratif
Kami saling bersinergi dalam bekerja sama.
Panduan Perilaku:
- Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi.
- Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah.
- Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.
Perwujudan Perilaku:
- Menerima pendapat dan saran dalam menyelesaikan pekerjaan.
- Memuji keunggulan dan prestasi orang lain.
- Membagi tugas, tanggung jawab, hak, dan kewajiban kepada setiap anggota tim kerja secara proporsional.
- Mengajukan diri terlibat dalam projek, secara sukarela.
- Bersinergi dengan pihak-pihak terkait dalam menyelesaikan pekerjaan.
- Mengakui saat berbuat kesalahan.
- Mendorong rekan kerja, atasan, dan bawahan untuk dapat terlibat aktif dalam pencapaian tujuan instansi.
- Membangun komunikasi yang efektif dalam berkoordinasi dengan tim kerja.
- Mengoptimalkan sumber daya yang mendukung pencapaian kinerja instansi.
Employeer Branding:
GOLDGEN DAN PROPRESTASI BPSDM PERHUBUNGAN
Dalam rangka mewujudkan peran BPSDM Perhubungan sebagai unit Eselon l (satu) yang mendorong peningkatan aspek kompetensi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, sistem pendidikan, serta jenis pendidikan dan pelatihan meliputi matra darat, laut dan udara, diperlukan penguatan internalisasi nilai-nilai. Penguatan nilai tersebut diharapkan akan mampu mendorong capaian outcome yaitu peningkatan serapan lulusan yang dapat diterima oleh dunia kerja baik di regulator, industri, maupun operator yang profesional dan beretika. Penguatan nilai dimaksud merupakan bagian strategi menuju Indonesia emas 2045 yang bergerak laju mengikuti perkembangan teknologi dan perubahan regulasi. Tentunya sebagai bentuk transformasi ke depan penguatan internalisasi serta peran value merupakan pengembangan core value PRESTASI yang terus diperluas kembali.strategi tersebut dinamakan GOLD GEN (Gold Generation) menuju Indonesia emas, sebagaimana digambarkan secara singkat pada gambar dibawah ini:
Makna Logo GOLD GENERATION BPSDM Perhubungan:
- Tulisan berlatar belakang emas mengandung tujuan mencapai Indonesia emas tahun 2045.
- Makna list adalah makna buku sebagai pencapaian pembelajaran
Agar setiap sumber daya manusia BPSDM Perhubungan mengetahui, mengimplementasikan, dan menginternalisasikan Nilai-Nilai Utama (Core Values) Sumber Daya Manusia BPSDM Perhubungan secara sungguh-sungguh, konsisten, dan konsekuen, sehingga melahirkan perilaku keseharian dan membentuk budaya kerja BPSDM Perhubungan yang selaras dengan 11 Value Nilai Utama (Core Values yaitu PRO PRESTASI:
1. Problem Solver
Berperan aktif dalam membantu pemecahan masalah bidang transportasi analisis dan kebijakan.
Panduan Perilaku:
- Aktif dalam asosiasi/alumni profesional.
- Aktif berkolaborasi dalam forum penelitian.
- Aktif menulis maupun menyumbangkan saran/ide baik melalui media sosial/blog pribadi maupun publikasi lainnya.
2. Responsive
Senantiasa tanggap terhadap perubahan.
Panduan Perilaku:
- Aktif mengutarakan pendapat secara konstruktif bukan destruktif.
- Aktif dalam memberikan pelayanan pendidikan maupun perubahan layanan ke arah yang lebih baik.
- Sigap dalam mengatasi kedaruratan yang memerlukan bantuan cepat tanggap.
- Memiliki inisiatif dan kreativitas yang tinggi.
3. Oriented to Goal
Selalu mengedepankan pencapaian tujuan menuju transportasi maju.
Panduan Perilaku:
- Memiliki perencanaan yang tepat.
- Memiliki persiapan sumber daya yang tepat.
- Gemar belajar hal yang update.
- Memiliki target dalam setiap capaian kinerjanya.
- Memahami dan selalu menerapkan manajemen risiko dalam beraktivitas.
4. Profesional
Pengetahuan dan keahlian yang dimiliki untuk dapat melakukan tugas pekerjaan sesuai standar dan persyaratan yang ditentukan.
Panduan Perilaku:
- Menjunjung tinggi kode etik profesional.
- Mematuhi segala peraturan di organisasi.
- Menyelesaikan semua tugas yang diberikan dengan tepat waktu.
- Membangun relasi yang baik dengan stakeholder.
6. Ethic
Aturan, norma, kaidah, ataupun tata cara yang biasa digunakan sebagai pedoman atau asas suatu individu dalam melakukan perbuatan dan tingkah laku.
Panduan Perilaku:
- Beriman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Tunduk pada nilai dan budaya Pancasila.
- Menghargai perbedaan untuk menjadi satu bangsa.
7. Sustainable
Turut serta berpartisipasi dan menjadi bagian dalam proses transportasi berkelanjutan dan global.
Panduan Perilaku:
- Mendukung penggunaan eco green campus (kantor).
- Berperilaku hemat energi dan listrik serta air.
- Gemar menggunakan transportasi publik.
- Menggunakan komponen organik untuk mendukung pertanian tanah air.
- Mengurangi penggunaan transportasi pribadi.
- Mendukung program recycling.
9. Attitude
Mencerminkan sikap yang positif terhadap pekerjaan melalui semangat juang dan motivasi yang tinggi.
Panduan Perilaku:
- Berbahasa yang baik menggunakan kata-kata yang baik dan sopan.
- Menciptakan rutinitas yang menyenangkan dan sesuai dengan passion dan semangat kerja menyenangkan.
- Bersikap sopan dan ramah pada siapapun.
- Memiliki sikap selalu positif terhadap orang lain maupun diri sendiri.
- Senantiasa optimis dan tidak mengeluh.
10. Standar Global
Daya adaptasi yang tinggi terhadap perubahan zaman, lebih berdampak langsung bagi masyarakat, serta mampu mencapai standar internasional.
Panduan Perilaku:
- Update terhadap perkembangan dan isu global.
- Aktif dalam forum global.
- Update dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi.
- Memiliki jejaring dan stakeholder yang luas.
- Senantiasa mengupdate kompetensi, skill dan pengetahuan tingkat lanjut.
11. Integrity
Konsisten berperilaku yang selaras dengan nilai, norma dan/atau etika organisasi, jujur dalam hubungan dengan manajemen, rekan kerja, bawahan langsung, dan pemangku kepentingan, menciptakan budaya etika tinggi, bertanggung jawab atas tindakan atau keputusan beserta risiko yang menyertainya.
Panduan Perilaku:
- Bertanggung jawab.
- Konsisten antara perbuatan dan ucapan.
- Menjunjung nilai-nilai kejujuran.
- Memiliki rasa keadilan, rasa hormat, disiplin diri, dan kasih sayang.
Penerapan nilai-nilai utama (Core Values) ditujukan kepada seluruh sumber daya manusia BPSDM Perhubungan, mulai dari Jajaran Direktur/Kepala Balai, Pejabat Struktural/Fungsional serta seluruh pelaksana/pegawai di lingkungan BPSDM Perhubungan dalam panduan beretika, bersosialisasi, serta berkinerja sehari- hari.