UPACARA PELANTIKAN PERWIRA PENERBANG AKADEMI PENERBANG INDONESIA BANYUWANGI ANGKATAN XVI, XVII, XVIII, DAN XIX TAHUN 2020

UPACARA PELANTIKAN PERWIRA PENERBANG AKADEMI PENERBANG INDONESIA BANYUWANGI ANGKATAN XVI, XVII, XVIII, DAN XIX TAHUN 2020

PELANTIKAN PERWIRA PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN NON DIPLOMA PENERBANG ANGKATAN XVI, XVII, XVIII DAN XIX

No. Siaran Pers: HM.101/6/4/API.BWI-20
Banyuwangi, 10 Oktober 2020 – Sabtu (10/10) APIB melaksanakan Pelantikan Perwira Program Pendidikan dan Pelatihan Non Diploma Penerbang Angkatan XVI, XVII, XVIII dan XIX Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi Tahun 2020. Kegiatan yang dilaksankan di Apron APIB dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Hadir dalam acara pelantikan perwira pada Sabtu pagi ditengah hujan deras saat itu antara lain yaitu Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan, Sugihardjo, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara, Heri Sudarmadji dan para Direktur sekolah penerbangan dibawah naungan BPSDM Kemenhub RI.

Sebanyak 43 wisudawan APIB dilantik oleh Kepala BPSDMP, Bapak Sugiharjdo. Adapun peringkat pertama terbaik masing-masing batch yaitu, Batch XVI – Gerry Friedrik Hohakay dengan nilai rata-rata kumulatif 89,49, Batch XVII – Abdhu Airlangga Jacoby dengan nilai rata-rata kumulatif 89,11, Batch XVIII – Muhammad Fiqram Afrizal dengan nilai rata-rata kumulatif 87,13, dan Batch XIX – Muhammad Al Rasbi dengan nilai rata-rata kumulatif 89,04.

Bapak Sugihardjo berpesan kepada para wisudawan agar senantiasa meningkatkan kompetensi dan menjaga nama baik almamater. Dalam wawancaranya bersama media Bapak Sugihardjo mengakui bahwa dirinya harus realistis melihat kondisi penerbangan saat ini. Oleh karena itu dilakukan control suply jumlah pilot yang ada. Salah satunya adalah pembatasan sementara mencetak pilot di sekolah-sekolah dibawah naungan BPSDM.

Pada waktu yang bersamaan Direktur APIB, Genny Luhung Prasojo mengatakan, “Ada 26 Perwira Penerbang yang langsung Multi Engine Rating. Disini juga kami melakukan regenerasi lulusan pilot melalui jam terbang. Ada 4 pilot kami yang langsung diambil maskapai. Mereka magang di API dengan minimal 750 jam terbang. Nah lulusan baru pun bisa magang untuk mencapai 750 jam terbang. Ini solusi bagi kami melakukan siasat pada masa pandemi ini,” .

Setelah melantik para perwira penerbang, Ka BPSDMP juga melakukan pengukuhan Flight Instructor APIB. Pengukuhan ini terkait dengan SK Direktur tentan penetapan atribut flight instructor dan pencantuman gelar profesi penerbang APIB.

Selain itu Bapak Sugihardjo juga turut menyaksikan penandatangan Memorandum OF Understanding (MoU) antara Citilink Indonesia, PT. Wirasada Sapanta, Asia One Air, Garuda Maintenance Facility, dan juga Universitas PGRI Banyuwangi dengan APIB.

TIM KREATIF API Banyuwangi
Jurnalis: Lintang
Fotografer: Bayu
E-mail: info@icpa-banyuwangi.ac.id
Instagram: @apibanyuwangi
Twitter: @apibanyuwangi
Facebook: API Banyuwangi