UPACARA KENAIKAN CHEVRON DAN PENYEMATAN WING SOLO SERTA PEMBUKAAN MADATUKAR POLISI UDARA ANGKATAN V

UPACARA KENAIKAN CHEVRON DAN PENYEMATAN WING SOLO SERTA PEMBUKAAN MADATUKAR POLISI UDARA ANGKATAN V

No. Siaran Pers: HM.101/2/07/BP3B-19

Banyuwangi – Kamis sore (28/03) Balai Pendidikan dan Penerbang Banyuwangi (BP3B) menggelar upacara Kenaikan Chevron dan Penyematan Wing Solo taruna batch XIV dan XV serta pembukaan Madatukar Polisi Udara Angkatan V.

Rangkaian acara dimulai dengan penyematan wing solo dan kenaikan chevron kepada taruna angkatan XIV dan XV serta pemberian tanda calon taruna kepada calon taruna polisi udara angkatan V. Bapak Genny Luhung Prasojo selaku Kepala BP3B menyampaikan dalam sambutan akan terus berusaha untuk meningkatkan mutu BP3B sebagai sekolah pilot, salah satunya beliau akan meningkatkan pendidikan bahasa inggris bagi para taruna BP3B akhir kata dengan mengucapkan Basmalah beliau membuka Masa Dasar Pembentukan Karakter bagi calon taruna diklat polisi udara angkatan V selanjutnya beliau melakukan penyematan wing solo bagi taruna batch XIV dan XV.

Kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan prosesi adat yang selalu dilakukan oleh taruna BP3B yang telah selesai melaksanakan terbang solo yaitu tradisi Penceburan. Prosesi ini dilakukan dengan memandikan para taruna dengan air kembang dan kemudian para taruna melaksanakan prosesi penceberan ke dalam danau yang berada didalam kampus BP3B. Prosesi penceburan diawali oleh Kepala BP3B Genny Luhung Prasojo, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Suherman dan Kepala Seksi Penyelenggara Diklat Capt. Ahmad Hariri melaksanakan penyiraman kembang kepada taruna Rocky Maniani Batch XIV yang melaksanakan terbang solo pertama  dan selanjutnya proses penceburan dilanjutkan oleh para orang tua masing-masing taruna didampingi oleh Flight Instruktur asuh.

Turut hadir dalam prosesi pembukaan MADATUKAR calon taruna Polisi Udara Angkatan V dan melakukan penyiraman kepada para calon taruna Kombes Pol I Wayan Supartha Y. Selaku Kabag Katprof Korpolairud dan Kompol Stefanus Timonora selaku Paur Lakjarlat Bangkatprof Korpolairud, kegiatan penceburan ini dimaksudkan sebagai pemberian ucapan selamat bagi para taruna yang sudah bisa menerbangkan pesawat sendiri tanpa ada bantuan dari Flight Instructor. Beberapa taruna menyampaikan mereka sangat antusias dengan tradisi ini karena tradisi penceburan merupakan tradisi yang cukup unik. Setelah melalui terbang solo, para taruna selanjutnya akan meneruskan fase Private Pilot License (PPL). Merekapun berharap agar fase selanjutnya yang akan mereka tempuh dapat berjalan dengan lancar.

 

HUMAS BP3B

Jurnalis: Rizki Ocsera dan Lintang
Fotografer: Bayu dan Ozi
E-mail: icpa.bwi@gmail.com
Instagram: banyuwangibp3
Twitter: @PilotSchoolBP3B
Facebook: Pilot Muda Bwi
Youtube: BP3B CINEMA

Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi

Komplek Bandara International Banyuwangi Jln. Agung Wilis Dusun Krajan Rogojampi – Banyuwangi