TRADISI PENGAMBILAN OVERALL TARUNA AKADEMI PENERBANG INDONESIA BANYUWANGI DI GUNUNG IJEN

TRADISI PENGAMBILAN OVERALL TARUNA AKADEMI PENERBANG INDONESIA BANYUWANGI DI GUNUNG IJEN

NO. SIARAN PERS: HM.101/4/1/API.BWI-19

Banyuwangi (Sabtu, 06 Juli 2019) – Kampus Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi memiliki tradisi unik bagi para taruna yang akan melakukan terbang dengan menggunakan fasilitas pesawat latih di kampus Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi (API Wangi). Tradisi tersebut merupakan pengambilan overall yang merupakan seragam yang digunakan oleh para taruna saat berada di lapangan atau melakukan praktik terbang. Pengambilan overall tersebut dilakukan diatas puncak Gunung Ijen Banyuwangi.

Peserta upacara pengambilan overall di Gunung Ijen pada Sabtu pagi (06/07) yaitu Taruna dari batch Polisi Udara V, Angkatan I CPL-IR Non Skill, serta PPL Executive. Selain para taruna kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Manajemen API Wangi, Staf Pembangunan Karakter, dan para pengasuh taruna. Kegiatan diawali dengan pendakian Gunung Ijen pada dini hari pukul 01.00 WIB. Setelah menempuh jalur pendakian sepanjang kurang lebih 4 km para peserta beristirahat terlebih dahulu sebelum melakukan upacara pengambilan overall.

Sebelum melakukan upacara serta pembagian overall kepada para taruna, terlebih dahulu dilakukan ujian oleh para flight instruktur kepada taruna dengan memberikan pertanyaan seputar materi-materi yang telah dipelajari. Setelah sesi ujian selesai barulah upacara simbolis pengambilan overall dilaksanakan.

Upacara dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB diatas puncak gunung Ijen dan bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Kepala Sub Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan API Wangi yaitu Adolf Andrea Marantika, S.ST. Adapun pemimpin upacara pengambilan overall yaitu Kepala Pusat Pengembangan Karakter API Wangi Dimas Hari Cahyo. Dalam sambutannya Adolf Andrea Marantika, S.ST. berharap kepada para taruna agar proses belajar yang ditempuh selanjutnya dapat terus berjalan dengan lancar.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan ramah tamah yang diikuti oleh seluruh peserta. Setelah melakukan simbolisasi pengambilan overall para taruna akan mengikuti kegiatann jungle and sea survivor yang merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh para kru pesawat. Setelah melewati prosesi tersebut barulah para taruna bisa melakukan kegiatan di lapangan dan belajar terbang dengan pesawat latih.

HUMAS API Banyuwangi
Jurnalis: Lintang
Fotografer: Bayu & Fadly
E-mail: icpa.bwi@gmail.com
Instagram: @apibanyuwangi
Twitter: @apibanyuwangi
Facebook: Pilot Muda Bwi
Youtube: BP3B CINEMA
Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi
Komplek Bandara International Banyuwangi Jln. Agung Wilis Dusun Krajan Rogojampi – Banyuwangi