PERJANJIAN KERJASAMA AKADEMI PENERBANG INDONESIA DENGAN LEMBAGA PENGEMBANGAN MASYARAKAT AMUNGME DAN KAMORO

PERJANJIAN KERJASAMA AKADEMI PENERBANG INDONESIA DENGAN LEMBAGA PENGEMBANGAN MASYARAKAT AMUNGME DAN KAMORO

NOMOR SIARAN PERS: HM.101/4/3/API.BWI-19

Banyuwangi, 12 Juli 2019 – Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi atau yang biasa disebut dengan API Wangi melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK). Kerjasama tersebut merupakan salah satu program LPMAK dalam memajukan pendidikan untuk putra – putri daerah Papua.

Beasiswa pendidikan yang diberikan oleh LPMAK kepada putra – putri daerah Papua merupakan beasiswa yang diperoleh dari kemitraan LPMAK bersama dengan PT. Freeport Indonesia (FTPI). Dana alokasi yang dikelola oleh LPMAK untuk kepentingan masyarakat setempat digunakan diantaranya dalam bidang kesehatan, ekonomi, dan pendididkan dalam hal ini pendidikan penerbang yang akan dilaksanakan di API Wangi.

Perjanjian kerjasama terlaksana bertempat di Hotel Horison Timika dan dilakukan oleh Direktur API Wangi Bapak Genny Luhung Prasojo, S.S., M.M. dengan Abraham Timang selaku Ketua LPMAK. Turut mendampingi dalam kegiatan penandatanganan kerjasama bersama Direktur API Wangi yaitu Ahmad Mubarok, S.AP., MA. selaku Kepala Divisi Pengembangan Usaha API Wangi beserta staff dan juga para pejabat di lingkungan LPMAK serta perwakilan dari PT. Freeport Indonesia.

Beberapa poin dalam perjanjian kerjasama berkaitan dengan pendidikan penerbang untuk putra-putri Suku Amungme dan Kamoro sejumlah 5 orang. Program yang akan diikuti yaitu program penerbang sayap tetap dengan kualifkasi Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), Instrument Rating (IR), Multi Engine (ME).

Direktur API Wangi berharap dengan adanya penandatangan kerjasama tersebut dapat mendukungan program 3T dari pemerintah Indonesia untuk daerah tertinggal, terbelakang dan terdepan sehingga kedepannya pendidikan tidak hanya terpusat pada daerah ibukota saja. Pendidikan dan pelatihan di API Wangi bukan hanya bertujuan untuk meluluskan ataupun mencetak penerbang, namun juga membentuk karakter penerbang untuk memiliki sikap yang sopan dan santun. Beliau juga meyakini putra dan putri Papua juga mampu menjadi penerbang karena selama ini para Taruna maupun Taruni yang berasal dari Papua yang ada di API Wangi memiliki kemampuan yang memenuhi standart. Hal ini terbukti dari beberapa para Alumni Papua yang telah lulus dari API Wangi telah bekerja di beberapa maskapai penerbangan maupun instansi pemerintahan terkait.

HUMAS API Banyuwangi
Jurnalis: Lintang
Fotografer: Staff API Wangi
E-mail: icpa.bwi@gmail.com
Instagram: @apibanyuwangi
Twitter: @apibanyuwangi
Facebook: Pilot Muda Bwi
Youtube: BP3B CINEMA
Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi
Komplek Bandara International Banyuwangi Jln. Agung Wilis Dusun Krajan Rogojampi – Banyuwangi