PENDAMPINGAN DESA BINAAN UNIT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT AKADEMI PENERBANG INDONESIA BANYUWANGI 2020

PENDAMPINGAN DESA BINAAN UNIT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT AKADEMI PENERBANG INDONESIA BANYUWANGI 2020

PENDAMPINGAN DESA BINAAN “PELATIHAN PENGEMBANGAN SDM PADA PELAKU KERAJINAN DESA PONDOKNONGKO” UNIT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT AKADEMI PENERBANG INDONESIA BANYUWANGI 2020

NO. SIARAN PERS: HM.101/6/5/API.BWI-20
Banyuwangi, 09 Oktober 2020 – Sebagai salah satu perguruan tinggi, Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi atau APIB juga turut menjalankan Fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal tersebut terealisasi salah satunya pada salah satu kegiatan yang dilaksanakan bersama dengan Balai Desa Pondoknongko pada Jumat (09/10).

Kegiatan yang dilaksanakan yaitu Pendampingan Desa Binaan “Pelatihan Pengembangan SDM Pada Pelaku Kerajinan Desa Pondoknongko” oleh Unit Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi.

Pelatihan tersebut dilaksanakan bertempat di Aula Kantor Desa Pondoknongko dan diikuti sebanyak kurang lebih 60 peserta. Kerajinan yang ada meliputi pembuatan souvenir seperti kerajinan yang diolah dari batok kelapa, pelepah pisang dan sapu lidi. Selain kerajinan tersebut juga ada pembuatan batik tulis dan batik cap, juga sablon.

“Adanya bantuan dan kerjasama dengan APIB dengan desa kami tentunya sangat berarti terutama di masa pandemi seperti saat ini”, ungkap Kepala Desa Pondoknongko, Hamdan Ramahurmuzi. “Kerjasama dengan APIB juga turut membantu kami mewujudkan program Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam sektor pariwisata khususnya dalam hal ini pengembangan SDM untuk meningkatkan potensi desa kami” imbuhnya.

Turut menghadiri kegiatan tersebut yaitu Ibu Andajani Sugihardjo selaku Ketua Dharma Wanita BPSDM Perhubungan didampingi Ibu Antik Heri Sudarmadji dan Ibu Rina Genny Luhung Prasojo. Pada Kesempatan itu Ibu-ibu Dharma Wanita meninjau langsung praktek kerajinan berupa anyaman lidi yang nantinya akan dilakukan modifikasi bahan baku.

Tidak hanya itu Ibu Andajani Sugihardjo juga mencoba proses pengerjaan kerajinan Batik Cap dimana prosesnya terlebih dahulu mencelupkan cetakan keatas lilin malam yang dipanaskan kemudian di-cap diatas media kain yang telah diwarnai dengan motif Gajah Oling khas Banyuwangi, dan juga membatik dengan canting diatas media kain putih.

Setelah kegiatan di Balai Desa Pondoknongko, rombongan menyempatkan diri sejenak mengunjungi rumah salah satu pengrajin Gula Nira, setelah diberikan pelatihan, kedepan produk Gula Nira akan dilakukan diversifikasi produk berupa Gula Semut dengan pengemasan dan pemasaran yang lebih baik

Dengan kegiatan pengabdian masyarakat seperti ini kedepannya diharapkan API Banyuwangi dapat menjawab hambatan masyarakat berupa modal dan tidak selalu bergantung kepada pinjaman atau kredit serta dapat mengatur keuangannya secara mandiri.

 

TIM KREATIF API Banyuwangi
Jurnalis: Lintang
Fotografer: Bayu
E-mail: info@icpa-banyuwangi.ac.id
Instagram: @apibanyuwangi
Twitter: @apibanyuwangi
Facebook: API Banyuwangi