PELATIHAN DASAR JUNGLE AND SEA SURVIVAL CALON TARUNA API WANGI

PELATIHAN DASAR JUNGLE AND SEA SURVIVAL CALON TARUNA API WANGI

NO. SIARAN PERS: HM.101/5/13/API.BWI-19

Banyuwangi (Selasa, 22 Oktober 2019) – Setelah melaksanakan pengambilan overall diatas puncak Gunung Ijen Banyuwangi pada Sabtu lalu (19/10/19), para calon taruna diploma tiga penerbang sayap tetap angkatan I, taruna non-diploma penerbang angkatan XX dan XXI, taruna polisi udara CPL angkatan I, dan diklat CPL-IR from non skill angkatan II, dengan total peserta 51 orang melaksanakan Latihan Dasar Jungle And Sea Survival.

Latihan Dasar Jungle And Sea Survival merupakan dasar wajib yang dibutuhkan bagi setiap awak pesawat sebagai bekal dalam melaksanakan operasi penerbangan yang penuh tantangan dan memiliki resiko tinggi. Kegiatan tersebut diberikan kepada para taruna sebagai bekal agar memiliki kemampuan dalam bertahan hidup di laut dan hutan dalam situasi darurat.

Latihan Dasar Jungle And Sea Survival dilaksanakan kurang lebih selama satu minggu bertempat di Lanal Banyuwangi dan Hutan Selogiri. Dalam kegiatan tersebut para catar mendapatkan pelatihan PBB, teori P3K, teori dan juga praktek jungle and sea survival. Adapun instruktur dalam kegiatan pelatihan yaitu anggota Lanal Banyuwangi.

Sebelum melaksanakan pelatihan para taruna terlebih dahulu melaksanankan Upacara Pembukaan Latihan Dasar Jungle And Sea Survival yang dipimpin oleh Komandan Lanal Banyuwangi. Turut hadir dalam Upacara Pembukaan Latihan Dasar Jungle And Sea Survival yaitu Kepala Pusat Pembangunan Karakter API Wangi Dimas Hari Cahyo.

Selain sebagai pelatihan bertahan hidup di situasi darurat bagi para taruna penerbang API Wangi, tujuan dari Latihan Jungle And Sea Survival juga untuk mempersiapkan fisik serta mental peserta agar mampu mengahadapi keadaan darurat baik didarat maupun dilaut. Hal tersebut dibutuhkan untuk menyelamatkan diri pada saat terjadi musibah dalam misi penerbangan.

Diharapkan seluruh taruna yang mengikuti pelatihan ini dapat melaksanakan semua latihan dengan baik dan lancar sehingga mereka dapat mengaplikasikan bilamana sesuatu terjadi di dalam misi penerbangan, mereka mampu bertahan hidup mencari tempat aman guna mendapatkan pertolongan.

HUMAS API Banyuwangi
Jurnalis: Lintang
Fotografer: Lintang & Ozi
E-mail: info@icpa-banyuwangi.ac.id
Instagram: @apibanyuwangi
Twitter: @apibanyuwangi
Facebook: API Banyuwangi
Youtube: API Banyuwangi
Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi
Komplek Bandara International Banyuwangi Jln. Agung Wilis Dusun Krajan Rogojampi – Banyuwangi