MEMBANGUN KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN TARUNA DAN PEGAWAI BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENERBANG BANYUWANGI

MEMBANGUN KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN TARUNA DAN PEGAWAI BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENERBANG BANYUWANGI

No. Siaran Pers: HM.101/1/11/BP3B-19

Jumat, 15 Maret 2019 Staf Ahli Menteri Perhubungan Dr. H. Cris Kuntadi melakukan kuliah umum bersama para taruna Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi (BP3B). Kuliah umum yang diselenggarakan di Gedung Operasional II BP3B ini mengusung tema Building Holistic Leadership.

Acara diawali dengan perkenalan Dr. H. Cris Kuntadi yang mana beliau merupakan lulusan D-III STAN pada tahun 1991. Beliau mengawali karir sebagai akuntan di BPK-RI dan kembali melanjutkan studi S-1 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Jakarta, kemudian beliau kembali melanjutkan studi di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan menyelesaikan S-III di Universitas Brawijaya Malang.

Dalam pemaparanya beliau menjelaskan tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik melalui Building Holistic Leadership. Menjadi pemimpin harus juga memiliki serangkaian kompetensi agar mampu menjalankan dengan selaras antara hard skill dan soft skill. Seorang pemimpin harus memiliki dasar yang sangat penting yaitu pengetahuan dan juga sikap yang baik.

Hard skill dapat diperoleh pertama melalui pendidikan formal dan non formal, lalu yang ke dua yaitu sertifikasi maupun keterampilan seperti halnya seni budaya, dan yang tidak kalah penting pada era 4.0 seperti saat ini yaitu kemampuan dalam technology language. Selain hard skill, yang juga sangat penting pada era globalisasi saat ini yaitu soft skill yang meliputi unity (persatuan), karakter, optimism, friendliness, kebiasaan, dan komunikasi.

Dr. H. Cris Kuntadi  juga berpesan kepada seluruh taruna dan taruni penerbang BP3B agar tidak mudah puas dalam menempuh pendidikan. Beliau mengambil quote dari Buya Hamka “Kalau hidup hanya sekedar hidup kera di rimba juga hidup, kalau kerja hanya sekedar kerja kerbau disawah juga bekerja”. Maka dari itu kita dituntut agar selalu mengasah hard skill dan soft skill agar terus mampu berkembang dan menjadi pemimpin yang memiliki pemahaman secara utuh.

Kuliah umum diakhiri dengan pemberian plakat oleh Genny Luhung Prasojo selaku Kepala BP3B kepada Dr. H. Cris Kuntadi dan juga beliau melakukan sholat jumat bersama para taruna di BP3B. Selain melakukan kuliah umum Dr. Cris Kuntadi juga berkesempatan melakukan joy flight area untuk melihat keindahan The sunrise of Java.

 

HUMAS BP3B

Jurnalis: Lintang
Fotografer: Ari
E-mail: icpa.bwi@gmail.com
Instagram: banyuwangibp3
Twitter: @PilotSchoolBP3B
Facebook: Pilot Muda Bwi
Youtube: BP3B CINEMA

Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi

Komplek Bandara International Banyuwangi Jln. Agung Wilis Dusun Krajan Rogojampi – Banyuwangi