MEMAHAMI PERSPEKTIF HUKUM DALAM KASUS KEKERASAN DAN BULLYING DI LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS ASRAMA

MEMAHAMI PERSPEKTIF HUKUM DALAM KASUS KEKERASAN DAN BULLYING DI LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS ASRAMA

No. Siaran Pers: 101/2/02/BP3B-19

Banyuwangi – Selasa (26/03), Dalam rangka mensosialisasikan hukum dalam kasus kekerasan di lembaga pendidikan berbasis asrama, telah diselenggarakan kuliah umum bertemakan anti kekerasan. Kali ini Brigjen Pol Drs. Alex Sampe, SH, MH yang merupakan Kadiklat Reserse Lemdiklat Polri yang menjadi narasumber dalam kuliah umum yang diselenggarakan di Gedung Operasional II Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi (BP3B).

Kuliah umum yang berjudul “Perspektif Hukum Dalam Kasus Kekerasan Dan Bullying Di Lembaga Pendidikan Berbasis Asrama” dihadiri oleh segenap Taruna, Pembina Taruna, para Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan juga Non ASN.

Dalam kuliah umumnya beliau menjelaskan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kekerasan berdasarkan dengan undang-undang yang berlaku serta sebab dan akibatnya. Kekerasan dapat terjadi di lingkungan lembaga pendidikan yang berbasis asrama salah satunya adalah karena minimnya pengawasan dan juga terdapat komunitas yang sengaja merencanakan melakukan kekerasan.

Kekerasan sangat dilarang dalam dunia pendidikan khususnya karena tidak memberikan dampak yang baik, tidak ada profesionalitas serta tanggung jawab moral, selain itu juga kekerasan dapat mengakibatkan sikap otoriter dan kehancuran. Kekerasan tidak memiliki manfaat yang baik bagi siapapun termsuk bagi pelaku kekerasan. Hal tersebut dikarenakan sanksi bagi pelaku kekerasan pada saat ini telah diatur jelas dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Berdasarkan undang-undang yang berlaku tersebut kekerasan dalam bentuk apapun baik verbal maupun non verbal sangat dilarang karena dapat merusak mentalitas.

Brigjen Pol Alex Sampe mengatakan, “ Kita harus memiliki keikhlasan dalam memimpin dan menegakkan aturan dengan baik, dalam mendidik gunakanlah cara yang teliti dan juga disiplin, bukan menggunakan kekerasan dan ancaman. Gerakkan orang dengan rasa hormat, jangan sekali-kali melakukan kekerasan karena berakibat merusak masa depan diri sendiri, keluarga, dan orang lain.”

Sebelum melakukan kuliah umum Brigjen Pol Alex Sampe bersama tim juga melakukan joy flight bersama Capt. Ahmad Hariri ditemani oleh Kepala BP3B Genny Luhung Prasojo dan Kepala Seksi Sarana dan Prasarana BP3b Bapak Suherman.

HUMAS BP3B
Jurnalis: Lintang
Fotografer: Ari
E-mail: icpa.bwi@gmail.com
Instagram: banyuwangibp3
Twitter: @PilotSchoolBP3B
Facebook: Pilot Muda Bwi
Youtube: BP3B CINEMA

Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi
Komplek Bandara International Banyuwangi Jln. Agung Wilis Dusun Krajan Rogojampi – Banyuwangi