KULIAH UMUM PERAN SDM TRANSPORTASI PADA SISTEM TRANSPORTASI NASIONAL (SISTRANAS) AKADEMI PENERBANG INDONESIA BANYUWANGI

KULIAH UMUM PERAN SDM TRANSPORTASI PADA SISTEM TRANSPORTASI NASIONAL (SISTRANAS) AKADEMI PENERBANG INDONESIA BANYUWANGI

KULIAH UMUM PERAN SDM TRANSPORTASI PADA SISTEM TRANSPORTASI NASIONAL (SISTRANAS)

NO. SIARAN PERS: HM.101/6/6/API.BWI-21

Banyuwangi, 26 Februari 2021 – Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi atau APIB pada hari ini menyelenggarakan Kuliah Umum tentang “Peran SDM Transportasi Pada Sistem Transportasi Nasional”. Kuliah Umum yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting dan diikuti oleh segenap Sivitas Akademika APIB dibuka oleh Bapak Ir. Heri Sudarmadji, DEA., QIA selaku Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara.

Kuliah Umum kali ini menghadirkan Narasumber yaitu Bapak Ir. Sugihardjo, M.Si. yang merupakan Widyaiswara Ahli Utama Kementerian Perhubungan. Adapun bertindak sebagai Moderator yaitu Capt. Ahmad Hariri, ST., S.Si.T., M.Si. selaku Direktur Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi.

Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara, Ir. Heri Sudarmadji mengatakan Sistem Transportasi Nasional atau SISTRANAS memiliki peran dan fungsi yang sangat penting sebagai penentu arah dalam pembangunan nasional.

“Transportasi merupakan sarana dalam menjalankan dan memperlancar roda perekonomian, membuka akses ke daerah terpencil, memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, menegakkan kedaulatan Negara serta mempengaruhi semua aspek kehidupan masyarakat atau sosial”, jelas Ir. Heri Sudarmadji.

Pentingnya transportasi terlihat dari semakin meningkatnya kebutuhan jasa angkutan bagi mobilitas orang maupun barang baik didalam negeri maupun diluar negeri. Selain itu transportasi juga berperan dalam perkembangan daerah atau wilayah, juga pertumbuhan perekonomian.

Ir. Heri juga menyampaikan, “Salah satu bagian dalam SISTRANAS yaitu transportasi udara memiliki karakteristik yaitu mampu bergerak dalam waktu cepat dan menggunakan high technology, juga padat modal didalamnya dibutuhkan manajemen yang handal serta dibutuhkan jaminan keamanan yang sangat tinggi dan optimal”.

Maka dari itu dibutuhkan SDM andal yang mana melalui sekolah yang ada dibawah BPSDMP para taruna dididik untuk menjadi SDM yang unggul guna mewujudkan Pembangunan Indonesia di tahun-tahun mendatang.

Mewujudkan penyelenggaraan SISTRANAS yang mengutamakan keselamatan dan keamanan, serta memberikan nilai tambah sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah maka diperlukan SDM bidang transportasi yang prima, professional, dan beretika, serta memiliki semangat serta mampu menjadi perekat kesatuan bangsa, dalam hal ini sekolah dibawah Kementerian Perhubungan selalu melakukan perubahan guna memenuhi standar baik secara nasional maupun internasional.

Pada penyampaian materi Ir. Sugihardjo memaparkan, bahwasanya sekolah dibawah BPSDMP unggul kuncinya ada pada taruna yang mau untuk selalu belajar. Terutama pada era 4.0 saat ini pembelajaran tradisional telah berubah menuju pendidikan bidang vokasi yang modern.

“Sebelumnya dosen merupakan sumber utama, namun dengan kondisi yang ada saat ini para para dosen dan taruna harus kreatif untuk belajar, belajar, dan belajar dari berbagai sumber, melakukan studi kasus dengan didampingi oleh dosen sebagai fasilitator”, jelas Ir. Sugihardjo.

Ir. Sugihardjo menambahkan, “Pengetahuan saja tidak cukup, knowledge, skill, dan attitude menjadi suatu kesatuan yang diajarkan kepada para taruna perhubungan. Integeritas soft skill dalam hal ini attitude, sangatlah penting untuk menjalankan knowledge dan skill dengan baik untuk menentukan kesuksesan”.

 

TIM KREATIF API Banyuwangi
Jurnalis: Lintang
Fotografer: Fadly
E-mail: info@icpa-banyuwangi.ac.id
Instagram: @apibanyuwangi
Twitter: @apibanyuwangi
Facebook: API Banyuwangi