KULIAH UMUM BERSAMA SEKRETARIS INSPEKTORAT JENDERAL KEMENHUB

KULIAH UMUM BERSAMA SEKRETARIS INSPEKTORAT JENDERAL KEMENHUB

NO. SIARAN PERS: HM. 101/5/17/API.BWI-19

Banyuwangi (Rabu, 20 November 2019) – Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi atau API Wangi kembali menggelar kuliah umum. Kali ini Ir. Imran Rasyid, MBA yang merupakan Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenhub menjadi narasumber dalam kuliah umum yang di gelar di Gedung Meru Betiri API Wangi dan diikuti oleh seluruh taruna dan taruni beserta staff.

Kuliah umum yang juga dihadiri oleh Direktur API Wangi Genny Luhung Prasojo masih terhubung dengan keadaan saat ini yaitu terkait dengan revolusi industri 4.0 dengan judul, Pengarahan Umum Menyiapkan SDM Transportasi Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0.

“Seiring berjalanya suatu perubahan era dimana saat ini kita berada pada era revolusi industri 4.0 hard skill dan soft skill yang kita miliki harus ditingkatkan”, ujar Ir. Imran. Perbedaan zaman yang ada berbeda pula cara menghadapinya.

Taruna saat ini harus mengembangkan potensinya semaksimal mungkin selama menempuh pendidikan tidak hanya di bidang akademik namun juga kreativitas dan terus melakukan inovasi. Ir. Imran mengatakan, “menjadi orang yang berada pada era saat ini kita harus terus bergerak mengembangkan potensi, kreativitas dan inovasi. Dengan kemajuan teknologi yang cukup cepat saat ini sumber ilmu pengetahuan sangat terbuka bebas dan semua dapat mengaksesnya”.

Banyak skill yang harus dimiliki pada era revolusi industri 4.0 saat ini jika ingin terus maju dan mempertahankan eksistensi. Dalam pemaparanya Ir. Imran menyampaikan bahwa pada era ini dan masa yang akan datang masih banyak pekerjaan-pekerjaan yang dapat tergantikan dan juga akan ada jenis pekerjaan baru.

Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenhub tersebut memberikan salah satu contoh Bandara yang ada di luar negeri yang pada saat ini para petugas bandara yang sebelumnya adalah manusia telah digantikan dengan kecanggihan teknologi, sehingga tidak lagi dibutuhkan tenaga manusia.

“Mengahadapi hal tersebut sebagai manusia agar tidak tergantikan haruslah memiliki soft skill, attitude yang baik, serta inisiatif yang tidak dapat dilakukan oleh mesin” jelas Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenhub.

Ir. Imran berpesan kepada para taruna agar dapat memperkaya diri dengan kemampuan yang tidak dapat digantikan khususnya soft skill untuk kemajuan Indonesia khususnya Perhubungan.

HUMAS API Banyuwangi
Jurnalis: Lintang
Fotografer: Fadly
E-mail: info@icpa-banyuwangi.ac.id
Instagram: @apibanyuwangi
Twitter: @apibanyuwangi
Facebook: API Banyuwangi
Youtube: API Banyuwangi
Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi
Komplek Bandara International Banyuwangi Jln. Agung Wilis Dusun Krajan Rogojampi – Banyuwangi