KULIAH UMUM BERSAMA INSPEKTUR II INSPEKTORAT JENDERAL KEMENTERIAN PERHUBUNGAN

KULIAH UMUM BERSAMA INSPEKTUR II INSPEKTORAT JENDERAL KEMENTERIAN PERHUBUNGAN

NO SIARAN PERS : HM.101/1/7/BP3B-19

Banyuwangi (15/2) – Inspektur II Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan Drs. Imam Hambali, M.Si, QIA melakukan kunjungan ke Balai pendidikan dan pelatihan Penerbang Banyuwangi (BP3B). Kedatangan Beliau kali ini salah satunya untuk mengisi kuliah umum bersama para taruna dan taruni BP3B.

Kuliah umum yang bertemakan Transportasi dan Lingkungan Hidup tersebut digelar di gedung Operasional II BP3B dan dihadiri oleh segenap taruna – taruni serta beberapa staf dari kantor BP3B. Saat memberikan sambutanya Drs. Imam Hambali mengaku sangat bangga melihat para taruna taruni BP3B yang menjadi harapan bangsa.

Dalam kuliah umum tersebut Beliau menjelaskan mengenai perbedaan antara negara maju dan negara berkembang sebagai pengantar. Perbedaaan tersebut ada pada sikap atau perilaku masyarakatnya, yang telah dibentuk sepanjang tahun melalui kebudayaan dan pendidikan. Hal ini juga berkaitan dengan program Presiden Jokowi dalam melakukan Revolusi Mental yang mana sebagai bangsa Indonesia kita harus melakukan perubahan dalam cara berpikir, cara kerja, cara hidup guna membangun karakter bangsa untuk mencapai tujuan nasional.

Untuk mencapai hal-hal tersebut haruslah dimulai dari mencintai diri sendiri dan lingkungan kita. Beberapa tips yang diberikan oleh Inspektur II Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan antara lain yaitu menjaga kebersihan diri sendiri, menjaga kebersihan di lingkungan kerja, dan juga menjaga lingkungan agar tetap sehat dan nyaman.

Menjaga lingkungan hidup sangatlah penting untuk pembangunan yang berkelanjutan. Karena Transportasi dan lingkungan hidup juga memiliki hubungan timbal balik. Transportasi memiliki dampak terhadap lingkungan hidup diantaranya, penurunan kualitas udara, perubahan kualitas air permukaan, gangguan keselamatan, dan lain sebagainya. Bilamana kita tidak menjaga lingkungan hidup maka juga akan berdampak pada perubahan iklim.

Dampak perubahan iklim terhadap transportasi antara lain seperti tanah longsor yang dapat menyebabkan kecelakaan kereta api, banjir yang berakibat pada gangguan kelancaran lalu lintas, kebakaran hutan yang berakibat pada gangguan penerbangan, serta naiknya permukaan air laut dan gelombang tinggi berakibat pada gangguan pelayaran.

Pada akhir materi kuliah umum tersebut Drs. Imam Hambali juga berpesan, “Sebagai manusia kita tidak boleh merendahkan siapapun karena kehidupan itu berputar. Tidak lupa kita juga harus senantiasa menjaga kesehatan agar selalu sehat dimasa mendatang. Manfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin agar tidak menyesal di kemudian hari, dan kita harus bersatu agar tidak terjadi gesekan”.

HUMAS BP3B
Jurnalis: Lintang
Fotografer: Ari dan Bayu
E-mail: icpa.bwi@gmail.com
Instagram: banyuwangibp3
Twitter: @PilotSchoolBP3B
Facebook: Pilot Muda Bwi
Youtube: BP3B CINEMA

Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi
Komplek Bandara International Banyuwangi Jln. Agung Wilis Dusun Krajan Rogojampi – Banyuwangi