JELANG NORMAL BARU DI LINGKUNGAN KAMPUS API BANYUWANGI

JELANG NORMAL BARU DI LINGKUNGAN KAMPUS API BANYUWANGI

NO. SIARAN PERS: HM.101/6/3/API.BWI-20

Banyuwangi, 02 Juni 2020 – Jelang new normal yang diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia, Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi telah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk menjalankan new normal di lingkungan Kampus API Banyuwangi. Hal ini terlihat dari beberapa persiapan yang telah dilakukan untuk menyambut taruna back to campus.

Berdasarkan kalender akademik perguruan tinggi di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya akan melaksanakan kembali kegiatan belajar mengajar dengan sistem on campus pada 8 Juni. Mengacu pada hal tersebut pada Jumat (29/5) lalu telah dilaksanakan simulasi taruna back to campus. “Kami lakukan proses pengembalian taruna ke asrama bertahap mulai pada 2-7 Juni untuk untuk menghindari perkumpulan dalam jumlah besar serta mempertimbangkan adanya pembatasan alat transportasi karena penerapan PSBB yang masih berlaku di beberapa wilayah” jelas Direktur API Banyuwangi saat melakukan simulasi taruna back to campus pada Jumat (29/5).

Normal baru mengharuskan siapapun untuk memiliki kedisiplinan yang kuat untuk dapat produktif kembali dengan aman di tengah pandemi ini. Protokol kesehatan di API Banyuwangi selama adanya Covid-19 ini juga diawasi dengan ketat. Salah satunya dapat dilihat pada proses kembalinya taruna ke asrama yang harus mengikuti beberpa protokol kesehatan dan harus dijalankan sesuai SOP yang berlaku.

Protokol kesehatan yang harus dijalani yaitu sebelum kembali ke Banyuwangi para taruna diharuskan untuk melakukan cek kesehatan dan juga rapid secara mandiri. Tim Medis, Tim Pusbangkar, dan tim pendukung lainnya akan melaksanakan screening pada taruna yang akan memasuki wilayah kampus API Banyuwangi. Screening yang dilakukan antara lain pada saat datang didepan gerbang para taruna akan dilakukan penyemprotan disinfektan termasuk barang bawaanya, harus mengganti baju dan masker yang digunakan selama perjalanan dengan baju dan masker bersih, lalu cuci tangan dan melakukan pengecekan suhu.

Setelah melakukan screening awal taruna dengan suhu normal akan diarahkan ke ruang tunggu untuk melakukan wawancara dan anammesa dengan tim medis API Banyuwangi. Apabila dinyatakan fit para taruna akan diarahkan ke asrama dan melakukan karantina mandiri selama 7 hari dengan pengawasan penuh oleh tim pusbangkar dan tim medis. Sedangkan bagi taruna yang dinyatakan unfit akan diarahkan ke ruang isolasi yang telah disediakan untuk penanganan lebih lanjut.

“Semoga dengan dilakukan simulasi ini proses kedatangan taruna hingga masuk asrama lancar dan yang terpenting semoga semua taruna kembali dan masuk asrama semuanya dalam keadaan sehat” ujar Direktur API Banyuwangi saat memantau jalanya proses simulasi (29/5) tersebut.

Protokol kesehatan ini juga berlaku bagi para ASN dan Instruktur API Banyuwangi. Mencuci tangan, mengenakan masker, mengenakan sarung tangan bagi instruktur saat kegiatan terbang, melakukan penyemprotan disenfektan di ruang kerja, ruang kelas dan pesawat latih sebelum dan sesudah digunakan, hingga menjaga jarak adalah hal wajib yang telah dijalani dan akan ditingkatkan saat para taruna akan menjalani new normal on campus nanti.

 

 

TIM KREATIF API Banyuwangi
Jurnalis: Lintang & Fadly
Fotografer: Bayu
E-mail: info@icpa-banyuwangi.ac.id
Instagram: @apibanyuwangi
Twitter: @apibanyuwangi
Facebook: API Banyuwangi