DIREKTUR API WANGI MENGHADIRI SEMINAR GENERAL AVIATION FOR TOURISM: JURUS JITU GENERAL AVIATION MENDUKUNG PARIWISATA INDONESIA

DIREKTUR API WANGI MENGHADIRI SEMINAR GENERAL AVIATION FOR TOURISM: JURUS JITU GENERAL AVIATION MENDUKUNG PARIWISATA INDONESIA

NO. SIARAN PERS: HM.101/4/11/API.BWI-19

Direktur Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi atau API Wangi Genny Luhung Prasojo bersama Kepala Sub Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Adolf Andrea Marantika beserta staff menghadiri kegiatan Seminar General Aviation For Tourism. Seminar tersebut diselenggarakan oleh PT Angkasa Pura II (Persero) dalam rangka mendukung pembangunan industri pariwisata Indonesia dan juga mensukseskan program Visit Wonderful Indonesia. Turut hadir dalam Seminar General Aviation yaitu Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Staf Khusus Menteri Pariwisata, Bupati Banyuwangi Azwar Anas, serta instansi terkait dan juga para stakeholder di bidang pariwisata dan aviasi.

Kegiatan seminar dilaksanakan di Hotel El Royale Banyuwangi dan dibuka oleh President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaludin. Dalam sambutanya beliau menyampaikan tujuan dari dilakukannya kegiatan seminar tersebut adalah untuk mendukung pembangunan industri pariwisata Indonesia serta mensukseskan program Pemerintah dan juga mendukung berkembangnya pariwisata di Indonesia.

Adapun pembicara yang menjadi narasumber dalam seminar tersebut yaitu Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Instruktur Judi Rifa, Director of Engineering and Operation AP II Djoko Murjatmodjo, Kasubdit Kerjasama Angkutan Udara Kemenhub Ade Kusmana, Direktur Keselamatan, Keamanan dan Standarisasi AirNav Indonesia Yurlis Hasibuan, Pegiat Aviasi Marsekal Madya TNI (Purn) Eris Heriyanto, Direktur Utama FlyBest Flight Academy Capt. Darmadi, Sekertaris Jenderal AOPA-ID Karin E. Item, Ketua Bidang Organisasi DPD ASITA Jawa Timur Agus Rejeki Wartono.

Dalam seminar tersebut dijelaskan beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam mengembangkan General Aviation untuk mengembangkan pariwisata yang ada di Indonesia. General Aviation dinilai dapat berkembang dengan baik mengingat wilayah Indonesia yang cukup luas dengan banyaknya pulau dengan keindahan alamnya.

Dengan dilaksanakannya seminar tersebut diharapkan rencana untuk merealisasikan general aviation dapat tercapai dengan baik. Hal tersebut tentunya dibutuhkan kerjasama dari pihak-pihak terkait untuk mewujudkannya. Beberapa poin yang menjadi perhatian dalam mewujudkan hal tersebut antara lain yaitu regulasi serta kebutuhan tempat untuk melakukan operasional pesawat general aviation.

Melalui seminar itu pula Genny Luhung Prasojo selaku Direktur Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi menyampaikan bahwa API Wangi memiliki fasilitas yang nantinya dapat mendukung berkembangnya pariwisata khususnya yang ada di Banyuwangi. Nantinya API Wangi juga akan membuka program studi D3 Seaplane Waterbase. API Wangi juga akan melakukan pemasangan float kit pada lima pesawat Cessna yang telah dimiliki sebagai sarana general aviation.

Hal tersebut juga merupakan salah satu wujud Dephub mendukung pariwisata Indonesia dengan menggunakan pesawat training sebagai sarana pariwisata sehinggap yang dimiliki dapat terfungsikan dengan baik selain untuk melakukan pelatihan bagi para taruna penerbang. Diharapkan dari hasil seminar tersebut apa general aviation untuk mendukung pariwisata dapat segera terealisasi dengan baik. Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penandatangan Komitmen Bersama terkait General Aviation for Tourism oleh Menteri Pariwisata dan Bupati Banyuwangi bersama seluruh stakeholder.

HUMAS API Banyuwangi
Jurnalis: Lintang
Fotografer: Bayu
E-mail: icpa.bwi@gmail.com
Instagram: @apibanyuwangi
Twitter: @apibanyuwangi
Facebook: Pilot Muda Bwi
Youtube: BP3B CINEMA
Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi
Komplek Bandara International Banyuwangi Jln. Agung Wilis Dusun Krajan Rogojampi – Banyuwangi