DEKLARASI ANTI KEKERASAN DAN SERAH TERIMA JABATAN RESIMEN TARUNA DI BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENERBANG BANYUWANGI

DEKLARASI ANTI KEKERASAN DAN SERAH TERIMA JABATAN RESIMEN TARUNA DI BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENERBANG BANYUWANGI

NO SIARAN PERS : HM.101/1/9/BP3B-19

Rogojampi – (18/2), bertempat di lapangan Jatayu Balai Pendidikan dan Pelatihan Banyuwangi (BP3B) telah digelar apel gabungan pada pagi hari waktu setempat. Pada apel kali ini juga dilaksanakan deklarasi anti kekerasan bersama segenap Aparatur Sipil Negara, bersama para taruna dan para pegawai BP3B.

Adapun acara inti dari apel tersebut antara lain pembacaan deklarasi oleh perwakilan taruna BP3B. Naskah deklarasi tersebut berisi tentang beberapa poin yang mana menyatakan bahwa BP3B menjadikan pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidup yang merupakan nilai moral yang mendasari pola pikir, sikap dan perilaku yang bermartabat. Perilaku dan tindak kekerasan di lingkungan BP3B harus dicegah dan dihindari, oleh karena itu segenap civitas akademika BP3B bertekat untuk meniadakan bentuk-bentuk tindak kekerasan di lingkungan kampus demi menjaga martabat BP3B.

Dalam arahanya Genny Luhung Prasojo selaku Kepala Balai BP3B menyampaikan beberapa poin antara lain agar setiap taruna baik taruna remaja maupun taruna muda agar terus menjaga komunikasi baik dan saling menghormati, kepada taruna muda tidak sedikitpun boleh melakukan tindakan fisik (tindak kekerasan seperti pemukulan, aniaya, dan sebagainya), apabila hal tersebut terjadi lembaga akan mengambil tindakan serius, meningkatkan rasa kebersamaan, saling asih, asah, asuh, bilamana ada perselisihan agar dapat diselesaikan dengan penuh rasa perdamaian dan persaudaraan atau dapat dikonsultasikan kepada pengasuh atau pembina taruna atau kepada Kepala Balai sekalipun, dan yang terakhir dihimbau agar semua taruna fokus untuk tekun belajar dan tekun beribadah demi masa depan mereka kelak.

Beliau juga berpesan bahwa pentingnya menjalin rasa persaudaraan dan kekompakan akan sangat membantu bagi para alumni dikemudian hari setelah terjun kedunia kerja dan bersaing secara sehat. Mengutip dari kalimat bapak Menteri Perhubungan Republik Indonesia bahwa “budaya kekerasan bukanlah hal yang benar, karena di dunia kerjapun tidak ada senior junior, yang ada profesionalisme dan pembelajaran”.

Kegiatan apel gabungan dan deklarasi anti kekerasan pada pagi itu ditutup dengan serah terima jabatan resimen taruna BP3B 2018 kepada resimen baru 2019, dan juga penandatangan deklarasi anti kekerasan di lapangan Jatayu yang ditanda tangani oleh seluruh pegawai BP3B beserta para taruna dan taruni.

HUMAS BP3B
Jurnalis: Lintang
Fotografer: Ari dan Bayu
E-mail: icpa.bwi@gmail.com
Instagram: banyuwangibp3
Twitter: @PilotSchoolBP3B
Facebook: Pilot Muda Bwi
Youtube: BP3B CINEMA

Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi

Komplek Bandara International Banyuwangi Jln. Agung Wilis Dusun Krajan Rogojampi – Banyuwangi