API WANGI SELANGKAH LAGI MENJADI SEKOLAH PILOT BERTARAF INTERNASIONAL

API WANGI SELANGKAH LAGI MENJADI SEKOLAH PILOT BERTARAF INTERNASIONAL

NO. SIARAN PERS: HM.101/5/3/API.BWI-19

Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi akan segera menjadi sekolah pilot yang diakui secara internasional dengan mendapatkan ICAO recognition. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut API Wangi tengah menjalani proses untuk menjadi anggota dari ICAO Trainair Plus Programme.

Setelah melakukan pengecekan dokumen pada akhir Juli lalu bersama Mr. Vic VD Westhuizen yang merupakan Senior Civil Aviation and Air Navigation Consultant didampingi juga Atase Perhubungan RI di Montreal Kanada Afen Sena, kali ini Kepala Sub Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Adolf Andrea Marantika dan Capt. Demmy Setyo Wiyono bersama tim melaksanakan TPP Assessment. Assessment tersebut dilakukan oleh Mr. Hervé Touron selaku Senior Assessor, yang juga menjabat sebagai Manager, Training Assessments and Consulting Unit at Global Aviation Training Office ICAO.

Kedatangan Mr. Hervé Touron di API Wangi disambut oleh Direktur API Wangi Genny Luhung Prasojo dan juga Kepala Sub Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Adolf Andrea Marantika. Kegiatan diawali dengan melakukan visitasi fasilitas API Wangi bersama Direktur API Wangi, dan dilanjutkan dengan melakukan document assessment. Assessment berlangsung selama tiga hari (02-04 September 2019) di Kampus API Wangi.

Adapun beberapa tahapan dalam assessment untuk menjadi membership ICAO yang telah dilakukan oleh API Wangi yaitu pada Agustus, Capt. Demmy bersama tim telah melaksanakan self assessement secara on-line. Pada kesempatan kali ini, API Wangi tengah sampai pada tahapan on-site assessement yang dilakukan langsung oleh pihak ICAO di API Wangi.

Beberapa materi yang menjadi penilaian dalam asessement tersebut meliputi manuals, facilities, procedures, forms, quality control system, maintenance, dan sebagainya. Nantinya hasil yang didapat pada on-site assessement ini akan dianalisis oleh pihak ICAO di Montreal, Canada. Pada tahap selanjutnya pihak API akan melakukan Corrective Action yang diperlukan dari hasil assessment tersebut, sebelum pada akhir September nanti akan berkunjung ke ICAO Headquarters di Montreal, Canada dalam rangka serah terima ICAO TrainAir Plus Programme Membership yang akan menjadi bagian acara dari The 40th Session of The ICAO Assembly.

Pada akhir kegiatan assessement Direktur API Wangi Genny Luhung Prasojo mengatakan, “Nantinya setelah resmi menjadi anggota dari ICAO, kami akan terus meningkatkan kualitas para Flight Instructor dengan mengikuti training – training yang diselenggarakan oleh ICAO Trainair Plus Programme. Hal tersebut juga kami lakukan untuk meningkatkan kualitas API Wangi dalam mencetak penerbang dengan kualitas yang sangat baik”.

HUMAS API Banyuwangi
Jurnalis: Lintang
Fotografer: Lintang
E-mail: info@icpa-banyuwangi.ac.id
Instagram: @apibanyuwangi
Twitter: @apibanyuwangi
Facebook: Pilot Muda Bwi
Youtube: ICPA CINEMA
Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi
Komplek Bandara International Banyuwangi Jln. Agung Wilis Dusun Krajan Rogojampi – Banyuwangi