PERESMIAN SEAPLANE AMPHIBIAN LAND TO SEA CESSNA 172 SP MILIK AKADEMI PENERBANG INDONESIA BANYUWANGI

PERESMIAN SEAPLANE AMPHIBIAN LAND TO SEA CESSNA 172 SP MILIK AKADEMI PENERBANG INDONESIA BANYUWANGI

PERESMIAN SEAPLANE AMPHIBIAN LAND TO SEA CESSNA 172 SP MILIK AKADEMI PENERBANG INDONESIA BANYUWANGI

No. Siaran Pers: HM.101/6/9/API.BWI-21

Banyuwangi, 18 Oktober 2021 – Pelaksana tugas Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Dr. Capt. A. Arif Priadi, M. Sc meresmikan Seaplane Amphibian Land To Sea Cessna 172 SP milik Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi.

Peresmian Seaplane hari ini juga dihadiri secara offline oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan, Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Perhubungan, serta Direktur Utama Badan Usaha Miliki Negara.

Hadir secara langsung dalam peresmian tersebut antara lain Staf Ahli Menhub, Dr. Cris Kuntadi, Ka. Pusbang Udara, Dr. Ir. Heri Sudarmaji , Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, para Pimpinan Kepala Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota, serta para Stakeholders.

Bersama dengan Capt. Ivan Adikusuma dan juga Capt. Demmy Setyo, pesawat Seaplane milik APIB melakukan land to sea di wilayah perairan Teluk Pangpang Banyuwangi yang biasa disebut dengan API Pangpang pada Senin pagi waktu setempat.

API Pangpang merupakan private water aerodrome yang nantinya akan digunakan sebagai operasional kegiatan pelatihan Seaplane di APIB dan akan menjadi role model water aerodrome di masa depan.

Dalam sambutanya, Pelaksana tugas Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan mengatakan, “Hari ini merupakan hari dimana Kementerian Perhubungan mengambil satu langkah besar dalam sejarah pengembangan sumber daya manusia sektor perhubungan di Indonesia melalui program pendidikan dan pelatihan pilot seaplane yang akan dilaksanakan di Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi”.

Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi terus melakukan persiapan program pendidikan Seaplane yang rencananya akan dilaksanakan pada Tahun 2022 mendatang. Dengan adanya program pelatihan Seaplane Class Rating di API Banyuwangi SDM Pilot Seaplane nantinya tidak perlu sekolah di luar negeri. Untuk mewujudkan hal tersebut saat ini Tim Percepatan Seaplane APIB sedang dalam tahap melakukan proses sertifikasi Sea Class Rating dan Flight Instructor Course Sea Class Rating.

Dr. Capt. A. Arif Priadi menambahkan, “Pengoperasian seaplane yang masih akan terus berkembang ini tentunya akan membutuhkan sumber daya manusia atau pilot-pilot handal sebagai ujung tombak perkembangan industri penerbangan kedepannya. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Kementerian Perhubungan melalui Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi bersiap menjadi sekolah pilot pertama di Indonesia yang mencetak pilot dengan rating sea-land”, ungkapnya.

Pada rangkaian kegiatan peresmian Seaplane tersebut juga dilakukan tradisi water salute yang dilakukan kepada pesawat Seaplane milik API Banyuwangi.